admin on September 5, 2016

Gak kerasa ya semester baru udah dimulai! Udah tiba nih waktunya buat balik ke kampus tercinta dan menjalani rutinitas kayak biasa. Seiring berjalannya perkuliahan, beragam acara kepanitiaan pun juga kembali mewarnai kehidupan mahasiswa UI di kampus, baik yang di dalam fakultas maupun antarfakultas. Salah satu event besar di UI yang paling ditunggu-tunggu dan bakal dilaksanakan dalam waktu dekat ini adalah UI Art War.

Ya iyalah ini termasuk event yang paling ditunggu mahasiswa seantero UI! Dari namanya aja udah kelihatan kan, bakal ada pertempuran seru di UI. Eits, tempurnya bukan tembak-tembakan gitu ya, apalagi tonjok-tonjokan. UI Art War adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Seni Budaya BEM UI sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa UI yang berprestasi di bidang seni. Kompetisi ini diikuti oleh seluruh fakultas serta program vokasi di UI. Gimana gak bergengsi banget? UI Art War menjadi ajang sekali tahun bagi tiap fakultas untuk unjuk gigi dalam mempertunjukkan bakat seni mahasiswanya. Selain itu, adanya UI Art War juga membuktikan kalo mahasiswa UI gak cuma mampu bersaing dalam hal akademis, tapi juga dapat menorehkan prestasi di bidang non-akademis seperti seni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, berbagai cabang di bidang kesenian dilombakan dalam UI Art War, yaitu fotografi, film, teater, tari, mural, lukis, solo vocal, vocal group, band, deklamasi puisi, dan stand up comedy. Dari sekian banyak cabang kompetisi belum ada yang sesuai sama minat dan bakat kamu? Tenang aja, karena UI Art War kali ini bakal membawa kejutan buat para calon kontingen dengan menghadirkan beberapa cabang baru yang akan diperlombakan, yaitu monolog, komik strip, cerpen, dan desain poster.

Jika pada tahun lalu "Harga Seni" diusung sebagai tema besar, di tahun ini UI Art War hadir dengan mengusung tema utama "The Reflection of Art". Subtema dari tiap-tiap cabang perlombaan berbeda satu sama lain sebagai perlambangan dari emosi yang dipancarkan dari tema besarnya. Beberapa di antaranya seperti cabang deklamasi puisi yang bertemakan "durja", solo vocal dengan tema "kasmaran", lukis yang memiliki tema "inner fear", fotografi dengan tema "inner calm", dan film yang mengusung tema "kebahagiaan jiwa".

FH termasuk fakultas yang langganan juara lho! Sepanjang diadakannya UI Art War, FH telah berhasil mengantongi segudang prestasi. Pada UI Art War tahun 2014, FH meraih Juara Umum 2 setelah berhasil menyabet 3 emas dengan menjadi Juara 1 di cabang Film lewat film garapan tim Perfilma berjudul "I'm Fine", serta Juara 1 Band dan Teater. FH kembali meraih Juara Umum 2 pada UI Art War tahun 2015 dengan meraih Juara 3 cabang Tari, Juara 2 Cipta Puisi, Juara 2 Solo Vocal, Juara 2 Vocal Group, dan Juara 2 Band. Ditambah lagi, pada UI Art War tahun lalu FH juga meraih pianis terbaik yang sekarang menjabat jadi Kepala Divisi Musik Perfilma, Mbak Marlin Agustina (FHUI 2014) serta drummer terbaik yang juga dari Perfilma, yaitu Staf Musik Perfilma, Matheus Siagian (FHUI 2015). Keren banget kan!

Info yang gak kalah penting sekaligus membanggakan, Project Officer UI Art War tahun ini berasal dari FH lho, yaitu Mbak Nadia Feby Artharini (FHUI 2014). Dengan hashtag #FeelYourVibe, UI Art War 2016 membuka kesempatan bagi mahasiswa UI yang ingin menunjukkan passion mereka dalam bidang seni. Tunggu apalagi?? Buat kamu yang berminat dan tertarik mengharumkan nama FH UI dengan bakat senimu, bersiaplah buat mengikuti audisi kontingen FH yang akan dibuka mulai 7 September ini. Audisinya bakal dibuka kurang lebih selama seminggu aja, jadi jangan sampe kelewatan ya!  Untuk kompetisinya sendiri akan diadakan pada tanggal yang berbeda mulai bulan November ini. Jangan lupa juga buat ikut semarakan yel-yel FH saat Parade UI Art War 2016 nanti. Yuk, persiapkan dirimu untuk menjadi kontingen dan jadilah kebanggaan FH UI selanjutnya! (Haura K.T.)

Leave a Comment

Fields with * are required.

Profile

Badan Otonom Pers, Fotografi, Film dan Musik Mahasiswa (PERFILMA) adalah organisasi di FHUI yang mengasah kemampuan pers, fotografi, film dan musik di lingkup kampus khususnya lingkup FHUI. Tujuan dari PERFILMA adalah menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan juga menambah pengetahuan di bidangnya.

Read More....

Events

Links

Home
Login

Twitter