admin on May 4, 2017

Creativepreneurship, talkshow yang diadakan oleh KOPMA FH UI pada Rabu, 3 Mei 2017 mengundang dua komikus yang bisa dibilang cukup beken di dunia “perinstagraman”, yaitu Tahilalats dan Komik Gajelas. Acara ini berlangsung FH UI pada pukul 14.00-16.00 WIB. Selain ngebicarain gimana mereka bisa menjadi seorang entrepreneur yang bergerak di bidang kreatif, kedua pembicara yang lagi naik daun di kalangan anak muda ini juga bercerita tentang latar belakang karier mereka. Gak cuma itu, mereka juga ngasih saran-saran serta motivasi, khususnya buat anak muda yang berniat untuk bergerak di bidang creativepreneurship. Dengan tiket sebesar 80 ribu Rupiah, peserta gak cuma dapet snack buat nemenin rangkaian talkshow, tapi juga dapet satu buah buku komik Tahilalats.

Nurfadli Mursyid, sosok di balik Tahilalats mengatakan kalau dia mulai bikin komik strip saat duduk di bangku kuliah. Menurut Fadli yang merupakan sarjana Teknik Sipil angkatan 2011, untuk menghasilkan karya “Komik Tahilalats”, ia merasa bahwa seluk beluk dunia komik strip dan komikus-komikus di dunia maya perlu buat dipahami. Fadli pun melakukan riset dengan melihat fenomena selebgram dan blogger.

Awal perjalanan karier Fadli dalam mengembangkan Tahilalats ternyata gak segampang yang dibayangin. Langkah awalnya dilakukan dengan mulai nyoba ngeupload komik strip miliknya ke dalam blognya sendiri. Awalnya, Fadli mengira kalau komik strip yang di upload ke blognya akan mendapatkan pembaca dan juga komentar. Namun, setelah beberapa waktu dia gak juga mendapatkan pembaca dan komentar yang diharapkan. Gak berhenti di situ, Fadli kemudian beralih ke Facebook pribadinya. Tapi apadaya, hal itu tetep gak mengundang banyak perhatian. Fadli juga sempat memajang karyanya di Kaskus. Hal yang sama masih ditemui Fadli, pembaca komiknya tetap ga bertambah.

Pada awal tahun 2015, Fadli menemukan media sosial lainnya, yaitu Instagram. Pada waktu karyanya diupload ke Instagram, gak disangka akhirnya komik strip tersebut membuahkan banyak penggemar. Alhasil, Fadli memutuskan untuk terus ngupload karyanya di Instagram. Sampai saat ini, penggemar Komik Tahilalats sudah mencapai 1,8 juta followers di Instagram.

Acara seminar ini dilanjutkan dengan pembicara yang merupakan author dari komik strip lainnya, yaitu Jasmine Surkatty yang merupakan author dari “Komik Gak Jelas”. Jasmine merupakan lulusan dari jurusan Art and Design, Binus University. Jasmine bercerita, pada awalnya dunia yang sekarang digelutinya mendapat penolakan dari kedua orangtuanya. Namun, hal itu gak menghalanginya untuk tetap berkarya sampai bisa sukses seperti sekarang.

Menurut Jasmine, usahanya dalam merintis komik strip di media sosial hampir mirip dengan yang dialami oleh Fadli. Sekarang, Jasmine udah mendapatkan sekitar 30 ribuan followers di akun Instagram Komik Gak Jelas.

Jasmine mengakui bahwa hobi menggambarnya pernah membawanya ke sebuah pengalaman unik. Ia pernah dihukum dosennya gara-gara ngegambar komik dengan tokoh si dosen pas di kelas dan ketahuan. Hukumannya, ia disuruh ngegaris-garisin kertas karton A3 jadi kayak double folio. Ada-ada aja ya tugas dari dosennya!

Begitulah cuplikan dari keseruan acara Creativepreneurship yang diadakan oleh KOPMA FH UI. Diharapakan, acara ini dapat mendorong insan-insan muda untuk makin kreatif dalam berkarya dan mengikuti jejak kesuksesan dua bintang tamu kali ini. Seperti yang dibilang tagline Talkshow Creativepreneurship: Be Creative, Be Productive!

Penulis : Bintang Pradana (FH UI 2016) & Bima Satria (FH UI 2016)
Editor : Haura Klarisa (FH UI 2015)

PERFILMA,
We Are the Media!

Leave a Comment

Fields with * are required.

Profile

Badan Otonom Pers, Fotografi, Film dan Musik Mahasiswa (PERFILMA) adalah organisasi di FHUI yang mengasah kemampuan pers, fotografi, film dan musik di lingkup kampus khususnya lingkup FHUI. Tujuan dari PERFILMA adalah menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan juga menambah pengetahuan di bidangnya.

Read More....

Events

Links

Home
Login

Twitter