admin on September 5, 2016

Hayo ngaku, di sini siapa yang gak tahu kalau tim dari FH UI baru-baru ini memenangkan ALSA Internasional Moot Court Competition 2016 (AIMCC) yang diadakan di Kolombo, Sri Lanka? Nah gini deh buat yang belum tahu, karena penulisnya baik kayak malaikat, dikasih tau deh nih kemarin pada tanggal 19-21 Agustus 2016 FH UI berhasil meraih perdikat Champion dan Best Memorial for Claimant. Hebat gak tuh? Makin bangga dong pastinya sama FH UI nan jaya fakultas kami tercinta (lah jadi yel-yel). Kompetisi AIMCC ini diikuti oleh satu tim perwakilan dari FH UI yang sekaligus mewakili Indonesia.

Wah kok sabi deh ngewakilin Indonesia juga? Nah jadi gini, cerita punya cerita, katanya sebelum FH UI mengirimkan tim untuk mengikuti AIMCC di Sri Lanka, ada juga seleksi tingkat nasional yang diikuti oleh beberapa universitas dengan fakultas hukum yang juga memiliki organisasi ALSA. Seleksi ini hanya merupakan seleksi berkas dan ternyata gak disangka-sangka berkas yang dikirimkan oleh tim dari FH UI merupakan berkas terbaik se-Indonesia dan akhirnya terpilih untuk mewakili Indonesia di Sri Lanka. Pasti pada penasaran kan siapa aja sih sosok luar biasa yang kemaren ikut lomba ini? Nah Pers PERFILMA dapet kesempatan nih untuk mewawancarai salah satu dari anggota tim tadi yaitu Aldwin Ocatvianus (2014). Pengen tau gak wawancara yang dilakukan kayak apa? Nih coba simak yaa

Q : Ketika ikut lomba ini memang karena kemauan untuk daftar sendiri atau karena ditunjuk oleh organisasi?

A : Sebenernya AIMCC dibawah ALSA kan, nah gue ikut itu karena diajak sama temen gue, karena abis JEASUP terus diajak mooting lagi. Cuma gatau kenapa, gak ada seleksi lagi jadi langsung ditunjuk buat ngewakilin ALSA juga.

Q : Kenapa bersedia ikut lomba ini?

A : Karena waktu itu lagi libur dan gak ada kerjaan, terus juga ngerasa bisa menang.

Q : Suka dukanya selama latihan?

A : Hmm suka semua deh kayaknya gak ada dukanya soalnya sama temen-temen gue semua terus kan mooting nya tentang invesment jadi pengen belajar tentang invesment dispute dan kelompoknya selow aja.

Q : Yang paling sulit dihadapi ketika latihan?

A : Bagi waktu sih, soalnya pas itu lagi magang jadi magang sambil latihan itu agak berat terus buat nyari sponsor gak terlalu dapet banget.

Q : Pernah mengalami keraguan gak?

A : Kalo buat maju apa engga emang sempet ragu satu tim karena gak ada sponsor danmerasa gak worth it kalo ke sri langka harus ngeluarin duit sendiri tapi akhirnya dekanat nurunin duit untuk bantu biaya kita lomba ke Sri Lanka.

Q : Materi lombanya tentang apa?

A : Tentang sengketa invesment, ceritanya ada investor investasi di suatu negara terus negara itu secara langsung menasionalisasi perusahaannya karena alesan lingkungan. Jadi kita diminta kalo seandainya harus ngebela negara atau perusahaannya.

Q : Riset yang dilakukan bentuknya apa aja?

A : Riset kasus-kasus sama riset tentang invesment law kan dikasih problem dan buat argumennya sesuai problemnya biasa riset dari internet atau jurnal terus juga punya temen-temen yang punya link jurnal di sekolah-sekolah luar negeri. Nulis memonya bareng-bareng di revisi bareng, terus sempet ke law firm juga buat minta bantuan latihan ke ESSK ada senior di sana sama bantuan senior-senior dari ILMS.

Q : Apa manfaat secara langsung yang bisa dirasakan dari mengikuti lomba ini?

A : Gue ngerti invesment law gue dapet ilmunya, gue dapet pandangan buat ngambil invesment law di international law karena kayaknya cukup penting juga, terus buat CV gue, sama siapa tau bisa dapet opportunity buat magang di Rajah and Tan di Singapur karena kemaren mereka jadi sponsor utamanya, buat orang tua bangga, sama dapet duit hehehe

Q : Kejadian paling berkesan selama proses di sana?

A : Pas pleading itu kayak menyampaikan argumen di sana , kayak gimana sih rasanya jadi mahasiswa bisa menyampaikan argumen di depan hakim-hakim apalagi jurinya kayak hakim Makamah Agungnya nya Sri Langka.

Q : Di sana melakukan persiapan yang seperti apa?

A : Berdoa terus latihan sehari sebelum lomba satu kali aja Cuma buat make sure kayak pemanasan gitu, uda gak latihan mati-matian lagi karena kan uda disiapin sebelumnya.

Q : Apa tips nya supaya bisa seimbangin antara kuliah dan lomba?

A : Lomba sama kuliah buat nyeimbanginnya menurut gue dengan mengatur waktu, kurangin waktu mainnya jangan waktu belajarnya, mungkin waktu sosialisasi sama temennya jadi berkurang jadi jangan gara-gara lomba waktu belajarnya dikurangin tapi waktu untuk yang gak penting dikurangin.

Q : Ada pesan apa buat mereka yang pengen ikut lomba tapi masih takut buat ikut?

A : Menurut gue gak boleh takut, kan gue dulu pertama kali coba pas semester tiga tentang international law tapi gue nekat aja. Kan belom tau bakal keterima apa engga. Dengan lu takut untuk mecoba berarti lu uda menutup potensi diri lu karena lu uda ngasih standard lu gak akan keterima. Tapi kalo lu mau coba terus pasti bakal keterima. Buat yang takut-takut coba aja terus karena siapa tau lu keterima dan kalo lu uda keterima lu pasti gak akan nyesel.

Nah, sekain deh wawancara dari Pers PERFILMA dengan Aldwin Octavianus sebagai salah satu anggota tim yang mewakili FH UI sekaligus Indonesia dalam AIMCC di Kolombo, Sri Langka. Sekali lagi selamat untuk Aldwin dan tim! Dan untuk kalian tentara merah lainnya yang sekarang sedang mempersiapkan lomba baik di bidang akademis maupun non-akademis, tetep semangat ya! Jangan sampai kehilangan motivasi untuk mengharumkan nama FH UI. Kami tak akan bikin malu, FH UI nomor satu! (Anastasia Marcella)

Leave a Comment

Fields with * are required.

Profile

Badan Otonom Pers, Fotografi, Film dan Musik Mahasiswa (PERFILMA) adalah organisasi di FHUI yang mengasah kemampuan pers, fotografi, film dan musik di lingkup kampus khususnya lingkup FHUI. Tujuan dari PERFILMA adalah menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan juga menambah pengetahuan di bidangnya.

Read More....

Events

Links

Home
Login

Twitter